Cara merekam layar Windows 10 tanpa aplikasi

Merekam layar komputer atau laptop akan sangat berguna untuk beberapa hal, mulai dari membuat video tutorial hingga mengambil klip untuk dibagikan ke Twitter, Facebook maupun Instagram.

Jika Anda adalah pengguna Windows 10, Anda dapat merekam video layar tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Karena pada Windows 10 sudah tersedia fitur tersebut.

Tentu anda pernah melihat atau mendengar yang namanya Xbox Game Bar. Xbox Game Bar adalah salah satu fitur dari Windows untuk merekam layar/jendela dari suatu aplikasi menjadio video. Untuk menggunakannya, kartu video Anda harus mendukung salah satu dari tiga encoder (encoder menerjemahkan input video ke dalam format digital yang kompatibel): Intel Quick Sync H.264, Nvidia NVENC, atau encoder AMD VCE.

Langkah-langkah merekam layar Windows 10 tanpa aplikasi

  1. Xbox Game Bar secara default telah ada pada Windows 10. Jika karena suatu hal tidak ada, Anda dapat mendownloadnya pada Microsoft Store.
  2. Untuk membuka Xbox Game Bar, tekan logo windows dan huruf G secara bersamaan (Win+G).
TOP TUTORIALS:  2 Cara Mudah Cek Spesifikasi Laptop Windows 10
  1. Sebelum memulai merekam anda dapat menyesuaikan berbagai pengaturan, seperti mic, audio dan lain-lainnya pada menu setting.
  2. Sedangkan untuk memulai atau berhenti merekam, anda cukup tekan (Win+Alt+R), untuk shortcut yang lain bisa anda lihat pada gambar berikut ini.
  1. Ketika proses merekam berlangsung, anda akan melihat notifikasi seperti berikut

Silahkan anda coba. Terimakasih sudah berkunjung ke blog kami ………………..

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *