Kipas Angin Rusak, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Kipas Angin Rusak, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

  • Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:4 mins read

Kipas angin Anda rusak? Tentu hal ini membuat Anda kesal. Aktivitas yang biasanya terbantu dengan adanya kipas angin, kini menjadi terasa lebih merepotkan. Kipas angin merupakan salah satu alat elektronik yang hampir ada pada setiap rumah. Selain harganya yang terjangkau, kipas angin mempunyai fungsi sebagai penghilang panas ruangan.

Anda tidak harus membawanya ke tukang servis kipas angin. Jika kerusakan kipas angin tidak terlalu parah, sebaiknya Anda coba untuk memperbaiki sendiri di rumah. Baik itu kipas angin berdiri, kipas angin gantung, atau kipas angin kotak. Berikut beberapa cara memperbaiki kipas angin rusak atau mati, yang dapat Anda coba di rumah.

Kerusakan kipas angin yang umum terjadi :

  1. Mati total, tidak ada reaksi apapun
  2. Macet, baling-baling sulit bergerak
  3. Putaran baling baling terlalu pelan
  4. Tidak bisa bolak balik, arah kipas angin tetap

Cara memperbaiki kipas angin mati total

  1. Cek semua kabel kipas angin dengan menggunakan AVO meter apakah ada kabel yang putus atau tidak.
  2. Cek saklar dengan AVO meter apakah masih bisa menyalurkan listrik dengan baik.

Putar Knob Selektor AVO meter ke ohm meter, jika jarum bergerak ke angka tertentu atau menunjukkan nilai ohm tertentu berarti kabel atau saklar masih dalam kondisi baik.

  1. Cek kapasitor kipas angin
    Cara termudah adalah dengan mengganti kapasitor dengan kapasitor baru dengan ukuran yang sama atau bisa lebih besar sedikit. Misalnya dari 1.2 ke 1.5 mikro. 

Cara mengetahui kapasitor masih baik atau rusak:

Putar Knob Selektor AVO meter ke ohm meter, kemudian hubungkan jarum pengukur pada masing-masing terminal kapasitor.

Cara membaca hasil pengukuran kapasitor:
1. Jarum penunjuk multitester bergerak dari kiri ke kanan dan beberapa saat kemudian jarum penunjuk kembali lagi ke posisi semula, ini menandakan bahwa kapasitor tersebut masih bagus.
2. Dan Jika jarum penunjuk multitester bergerak dari kiri ke kanan namun tidak kembali ke posisi semula, ini menandakan bahwa kapasitor tersebut sudah tidak bagus (rusak).
3. Apabila Jarum penunjuk multitester tidak bergerak sama sekali, coba pindahkan posisi jarum pengukur dari positif ke negatif atau sebaliknya.
4. Jika posisi sudah Anda balik namun jarum pengukur tetap juga tidak bergerak, ini menandakan bahwa kapasitor memang sudah rusak
5. Namun jika setelah posisi jarum pengukur Anda balik dan jarum penunjuk multitester bergerak dari kiri ke kanan dan beberapa saat kemudian jarum penunjuk kembali lagi ke posisi semula ini menandakan bahwa kapasitor tersebut masih bagus.
  1. Periksa dinamo motor listrik.
    Untuk memperbaiki dinamo motor listrik membutuhkan keterampilan khusus. Jika Anda bukan orang yang paham betul untuk perbaikan dinamo motor listrik, sebaiknya anda serahkan ke tukang servis langganan Anda.
BACA JUGA:  Cara Memperbaiki Kerusakan Rice Cooker

Cara memperbaiki kipas angin baling-baling berputar pelan

Kipas angin yang tidak dapat berputar dengan optimal sebagaimana mestinya, tidak bertenaga dan putaran baling baling sangat pelan, itu biasanya terjadi karena kerusakan pada kapasitor. Selain kapasitor, kerusakan seperti ini juga dapat timbul karena as rotor yang sudah aus atau kotor.

Kapasitor Kipas Melemah

Kipas angin yang macet atau berputar lambat juga bisa terjadi akibat kapasitor kipas angin yang melemah. Hal ini terjadi karena kapasitor yang telah berubah nilainya disebabkan umur pemakaian yang cukup lama.  Kapasitor yang lemah ditandai dengan mengeringnya cairan elektrolit pada bagian fisik yang menggembung. Namun terkadang kondisi ini tidak disertai dengan tanda fisik kapasitor yang kembung. 

Cara memeriksa kapasitor bisa dengan menggunakan AVO meter analog dapat dilakukan dengan cara seperti di atas.
Jika kapasitor sudah dipastikan rusak, maka ganti kapasitor dengan yang baru. Ganti kapasitor lama dengan yang baru dengan ukuran yang sama misalnya 1.2µ 1.5µ, atau 2 µ atau dengan kapasitor yang lebih besar misalnya dari 1.5 mikro menjadi 2 mikro.

As Rotor yang Sudah Aus atau Kotor

As rotor adalah bagian yang berada di depan dinamo dan berfungsi untuk memutar baling-baling kipas angin. Dengan pemakaian yang cukup lama maka akan muncul penumpukan debu dan hilangnya pelumas yangmengakibatkan as lengket dengan bearing. 

Untuk mengatasinya cukup mudah, bersihkan debu dan kotoran dan berikan pelumas secukupnya agar as berputar dengan mudah.

Tinggalkan Balasan