Cara Mudah Mengisi Freon AC Rumah

Cara Mudah Mengisi Freon AC Rumah

  • Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:2 mins read

Salah satu penyebab AC tidak dingin adalah kekurangan freon. Ketika freon pada AC berkurang dan tidak sesuai dengan standar bisa menyebabkan terbentuknya bunga es pada pipa di dekat katup valve outdoor yang bisa menyebabkan kompresor menjadi cepat panas dan lama kelamaan dapat mengalami kerusakan.

Sebenarnya freon pada AC tidak akan berkurang selama tidak ada kebocoran dalam sistemnya. Ketika kebocoran itu sangat halus, lama-kelamaan jumlah freon akan berkurang. Untuk mengatasinya adalah dengan mengisi kembali freon AC yang berkurang sesuai dengan standarnya.

Cara Isi Freon AC rumah bukanlah hal sulit. Ingin tahu caranya?

Peralatan dan Bahan Untuk Mengisi Freon AC

  1. Manifold Gauge (Pengukur tekanan)
  2. Tang Ampere (Pengukur arus AC)
  3. Obeng
  4. Kunci Inggris
  5. Freon R22, R32 dan R410 (sesuaikan dengan AC yang diisi)

Cara Mengisi Freon AC Rumah

  1. Hidupkan Unit AC
  2. Pasang selang-selang manifold gauge pada AC, dan pasangkan juga tang ampere pada kabel untuk mengukur arusnya.
    Selang yang akan terhubung ke pengisian manifold ini harus terpasang dengan benar. Sebab jika tak terpasang dengan benar atau salah dalam pemasangannya maka jarum pada manifold tidak akan bergerak.
  3. Cek berapa tekanan freonn AC terlebih dahulu.
    Standard tekanan freon R22 adalah 57.6 – 84.1 psig. 
    Standard tekanan freon R32 dan R410 adalah 120 – 160 psig.
  4. Apabila tekanan freon AC terlalu rendah, ada kemungkinan terjadi kebocoran. Cek kebocoran tersebet sebelum pengisian.
  5. Isi freon dengan perlahan-lahan
    Lakukanlah pengisian secara hati-hati. Perlu diperhatikan, ketika melakukan pengisian di bawah 40 psi maka pipa ac akan mengeluarkan bunga es. Lakukanlah pengisian secara terus menerus hingga bunga esnya hilang, dan jika jarum sudah menunjukan angka diatas 40 psi maka es yang berada pada pipa akan hilang dengan sendirinya.
  6. Sesuaikan tekanan freon dengan ampere kompresor.
    Jika AC memiliki ukuran 0, 5 pk maka sebaiknya isi dengan tekanan freon maksimal 60-70 psi. Jika 3/4 dan 1 pk maksimalnya adalah 80-90 psi. Namun jika tekanan maksimal belum tercapai dan ampere mendekati angka maksimal (ampere maksimal bisa dilihat pada label outdor AC) sebaiknya pengisian dihentikan. Karena jika ampere melebihi batas yang ada maka kompresor bisa saja overload atau memutus.
    Sebagai contoh, jika AC memiliki ampere 1,9, maka ketika mengisi freon jangan sampai lebih dari 1,9 ampere. Karena jika dipaksakan maka kompresor akan mati.
BACA JUGA:  Cara Mudah Membersihkan AC Sendiri di Rumah

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat video dari Video Guru Mu berikut ini:

Tinggalkan Balasan