Cara Mudah Membersihkan AC Sendiri di Rumah

Cara Mudah Membersihkan AC Sendiri di Rumah

  • Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:4 mins read

Suhu udara di iklim tropis yang cukup hangat, menjadikan pendingin udara sebagai kebutuhan primer di rumah, terlibih lagi di musim kemarau.  Hampir setiap hari kita berada dalam ruangan yang dilengkapi AC. Di rumah, di kantor, di sekolah, dan bahkan di mobil akan selalu ada AC.

AC yang berfungsi sebagai pendingin rumah seringkali tidak mendapat perhatian. Tak jarang walau rumah sudah dilengkapi oleh AC, namun fungsinya tidak sepenuhnya optimal dan cenderung panas untuk mendinginkan ruangan. 

Prinsip kerja dari air conditioner adalah dengan mengalirkan udara secara terus menerus atau melakukan sirkulasi udara dan membuatnya menjadi dingin. Karena terus memutarkan udara, kotoran yang terbawa dari udara akan menumpuk dalam AC sehingga AC akan menjadi kotor dalam beberapa bulan saja.

Untuk itulah Anda harus terus mencuci AC secara berkala. Pembersihan kecil bisa dilakukan sesering mungkin, misalnya dua minggu sekali. Sedangkan, pembersihan besar cukup dilakukan tiga bulan sekali. Anda dapat memakai jasa teknisi atau membersihkan AC sendiri.

AC yang kotor. Sumber: review.bukalapak.com

Bahaya dari AC yang kotor dan tidak terawat

Apabila tidak dirawat secara berkala dengan baik dan benar, sebuah AC bisa menjadi sarang kotoran dan debu.  Kotoran tersebut kemudian kembali menyebar ke seluruh ruangan sehingga masuk melalui indera penciuman. Jika kekebalan tubuhmu sedikit lemah, kamu pun bisa lebih rentan terhadap penyakit, khususnya pada saluran pernapasan. Penyakit tersebut meliputi batuk kronis, hidung tersumbat, bahkan iritasi mata. 

Debu yang terus menumpuk pada filter AC dapat membuat kinerjanya semakin berat.  Akibatnya, AC tidak mampu mendinginkan rumah dengan maksimal dan juga daya listrik yang digunakan pun menjadi boros. 

BACA JUGA:  Kode Rahasia Meteran Listrik Prabayar PLN

Berikut Cara Membersihkan AC Sendiri

1. Bersihkan Filter AC

Untuk keamanan, matikan terlebih dahulu aliran listrik ke AC. Buka badan AC dan Anda akan langsung melihat filter AC. Bersihkan dengan menggunakan kemoceng, lap, atau vacuum cleaner. Jika Anda ingin menggunakan lap, ada baiknya menggunakan lap yang tidak terlalu basah agar bisa mengangkat debu yang menempel.

Anda juga bisa langsung membilas filter tersebut dengan air bersih dan jemur hingga kering. Kalau filter tersebut sudah kering, barulah Anda pasang kembali filter tersebut ke dalam AC.

2. Bersihkan Evaporator

Bersihkan debu yang menempel di kisi-kisi pendingin tersebut dengan kuas. Apabila susah anda jangkau dengan kuas pakailah dengan sikat gigi tanpa memakai air terutama Roller Fan (kipas berbentuk bulat yg terbuat dari plastik yang menghasilkan angin).

Untuk membersihkan bagian ini, Anda bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan AC. Cairan ini banyak tersedia di online store dengan harga terjangkau.

Semprotkan cairan khusus tersebut ke bagian evaporator dan kemudian biarkan cairan tersebut mengalir membawa kotoran yang menempel di evaporator. Siapkan juga alas di bawah evaporator karena akan banyak sekali kotoran yang jatuh mengenai lantai rumah Anda.

3. Bersihkan Kipas

Bersihkan juga kipas AC dengan cairan yang sama. Anda bisa langsung membersihkan kipas bersamaan dengan membersihkan evaporator. Cara membersihkannya juga sama dengan menyemprotkan cairan khusus ke bagian kipas yang kotor.

4. Bersihkan Bagian Luar

Pakai kuas untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel di kisi-kisi pendingin (yang berbentuk seperti radiator mobil). Pakailah sikat gigi untuk membersihkan di tempat yang sempit dan kuas tidak menjangkau area itu. Saat membersihkan untuk tahap awal ini kita tidak perlu air dan detergen. Langkah ini tidak di wajibkan membersihkan dari dalam karena debu yang menempel itu hanya luarnya saja dan membersihkan dari dalam di langkah berikutnya yang perlu detergen dan air.

BACA JUGA:  Cara Mudah Mengisi Freon AC Rumah

Pastikan sudah tidak ada aliran listik, pada kabel AC, kemudian Anda bisa menyemprot bagian luar AC tersebut dengan air dan detergen yang mengalir. Cuci AC bagian luar dengan air yang mengalir di selang dan atur dengan kecepatan yang sedang sehingga cukup kuat untuk membawa kotoran tetapi tidak sampai membuat rusak komponen AC.

5. Bersihkan Permukaan AC

Setelah Anda membersihkan filter, evaporator, dan bagian laur dari AC maka, langkah terakhir adalah membersihkan permukaan atau casing dari AC tersebut. Anda bisa membersihkan permukaan pendingin ruangan dengan lap bersih yang kering.

Lap hingga sela-sela permukaan AC karena biasanya kotoran akan menempel di bagian tersebut. setelah itu, pasang kembali casing AC tersebut ke badan AC dan Anda telah selesai mencuci AC Anda sendiri.

Tunggulah 2 jam atau lebih untuk menyalahkan AC, semakin lama semakin baik. Untuk penyalaan pertama posisikan remote ke posisi FAN jangan ke posisi COOL, DRY, atau AUTO. Tujuannya untuk menghilangkan air yang masih tersisa di dalamnya, 10 menit kemudian baru bisa di ubah ke posisi yang anda inginkan.

Tinggalkan Balasan