Cara Membuat Kandang Ayam yang Baik dan Benar

Cara Membuat Kandang Ayam yang Baik dan Benar

  • Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:4 mins read

Cara membuat kandang ayam yang baik dan benar menjadi hal yang wajib anda ketahui jika ingin memulai bisnis ternak ayam. Ternak ayam saat ini menjadi salah satu bidang bisnis yang mulai banyak diminati oleh masyarakat. Tingginya permintaan daging serta telur ayam di dalam negeri membuat bisnis ini menjadi sangat menguntungkan dan tak akan surut oleh waktu.

Kandang ayam sendiri sangat penting untuk memulai bisnis ternak ayam, karena fungsinya sebagai rumah tempat hidupnya ayam-ayam yang anda perlihara.

Hal ini tidak lepas dari proses memulai bisnis ternak ayam, yang memang membutuhkan modal tidak sedikit, terutama biaya kandang. Tentunya daripada membeli, lebih baik mempelajari cara membuat kandang ayam sendiri akan jauh lebih efektif karena selain bisa menekan biaya modal dan anda juga bisa membuatnya sesuai dengan keinginan.

Kandang Ayam Sederhana.
Kandang Ayam Sederhana. Sumber: www.pertanianku.com/

Cara Membuat Kandang Ayam yang Baik dan Benar Harus Memenuhi Syarat Sebagai Berikut:

1. Pemilihan Lokasi Kandang Ayam yang Sesuai dan Aman

Tentukan lokasi kandang ayam ini agar tidak terlalu mengganggu warga sekitar. Sebab, selain aroma yang kurang sedap, faktor kesehatan juga berisiko terdampak. Jangan sampai ternak ayam yang anda kelola justru mengganggu masyarakat sekitar karena letak kandangnya yang terlalu dekat dengan pemukiman.

Sebaiknya buatlah kandang ayam dengan jarak minimal 250 m dari pemukiman. Selain itu membuat kandang dengan jarak yang jauh juga akan meminimalisir resiko penyakit atau virus yang bisa menular dari ayam yang sakit. Selain itu, pastikan jika Anda membuat kandang ayam memiliki posisi lebih tinggi, agar tidak tergenangi air saat hujan. Lalu usahakan kandang ayam menghadap ke timur, karena bagus bagi kesehatan ayam.

BACA JUGA:  Cara Membuat Pakan Ayam Bernutrisi Tinggi

2. Ukuran Kandang yang Sesuai dengan Kebutuhan

Buatlah kandang ayam sesuai dengan jumlah ayam yang akan dipelihara. Pastikan jika Anda sudah menghitung jumlah ayam yang dimiliki. Sebab, hal ini untuk menghindari ayam terlalu stress akibat kurang leluasa dalam bergerak. Sebagai contoh, jika Anda memiliki 70 hinga 100 ekor, maka Anda bisa membuat kandang dengan ukuran 10 meter persegi.

3. Bahan Kandang yang Murah dan Kuat

Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar anda baik baru maupun bekas, seperti triplek, kayu maupun bambu. Selain murah, bahan tersebut mudah anda olah menjadi kandang ayam yang layak pakai. Pilihlah bahan yang kondisinya masih bagus dan kuat jika menggunakan barang bekas.

4. Kerangka Kandang

Umumnya tinggi kaki kandang ayam sekitar 10 cm, kecuali jika Anda ingin membuat kandang yang tidak memiliki lantai. Selain itu, jumlah dari kaki kandang ayam baiknya anda sesuaikan dengan panjang kandang itu sendiri.

Apabila semakin panjang kandang, maka semakin banyak pula jumlah pasang kaki yang perlu anda pasang untuk menopang bobot dari kandang supaya kokoh berdiri. Lalu, ketika membuat bagian kerangkan, jangan lupa mengukur ukuran dari atap.

5. Dinding Kandang

Dinding kandang ayam sendiri bisa anda buat dengan menggunakan berbagai macam bahan mulai dari papan, kayu, ayaman bambu, hingga triplek. Pastikan dinding ini tidak terlalu tinggi, sebab akan mengurangi daya topang dari atap kandang ayam yang Anda buat. Lalu, dinding kandag juga tidak perlu terlalu rapat, agar sirkulasi udara kandang ayam tetap terjaga. Sedangkan yang terakhir, jangan lupa membuat pintu kandang.BACA JUGA:

6. Atap Kandang

Anda bisa membuat atap kandang ayam menggunakan bahan triplek, terpal, seng, asbes, hingga rumbai dan ijuk dapat untuk membuat atap kandang karena kemampuannya dalam menahan panas pada siang hari dan akan berguna untuk menghangatkan suhu kandang ayam di malam hari.

BACA JUGA:  Budidaya Ayam KUB, Ayam Kampung 10 Minggu Panen

Selain itu buatlah atap kandang ayam ukurannya lebih besar dari kerangka. Hal ini bertujuan agar saat hujan turun, air hujan tidak rembes ke arah kandang. 

7. Lantai Kandang

Lantai kandang ayam harus anda buat lebih tinggi daripada tanah. Hal ini bertujuan agar kandang tidak tergenang ketika memasuki musim hujan.

Apabila Anda menggunakan bahan bambu sebagai lantainya, pastikan bambu tersebut sudah Anda amplas hingga halus dan bersih dari berbagai material tajam yang bisa melukai ayam, serta jangan terlalu rapat ketika memasang lantai, tujuannya agar kotoran ayam bisa lebih mudah jatuh ke bawah kandang langsung ke tanah.

Anda juga bisa membuat lantai kandang dari dari semen yang telah di cor, campuran serbuk gergaji, kapur, dan juga sekam. Agar ayam terbebas dari penyakit, pastikan kondisi lantai selalu bersih dan tidak becek.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan