Cara Membuat Media Tanam yang Baik

Cara Membuat Media Tanam yang Baik

  • Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:7 mins read

Media tanam adalah suatu media atau bahan yang digunakan untuk tempat tumbuh dan berkembangnya akar tanaman, media tanam juga merupakan komponen utama ketika akan bercocok tanam.

Media tanam akan menentukan baik buruknya pertumbuhan tanaman yang pada akhirnya mempengaruhi hasil produksi. Jenis-jenis media tanam sangat banyak dan beragam. Apalagi dengan berkembangnya berbagai metode bercocok tanam, seperti hidroponik dan aeroponik. Media tanam umumnya memiliki berbagai nutrisi, mineral, air, vitamin, serta kandungan lain yang tentunya dibutuhkan oleh tanaman. Sehingga peran akar menjadi sangat penting dalam menyerap kandungan hara yang tersedia dalam media tanam bisa lebih optimal.

Setiap jenis tanaman membutuhkan sifat dan karakteristik media tanam yang berbeda. Misalnya, tanaman buah membutuhkan karakter media tanam yang berbeda dengan tanaman sayuran. Tanaman buah memerlukan media tanam yang solid agar bisa menopang pertumbuhan tanaman yang relatif lebih besar. Sementara jenis tanaman sayuran daun lebih memerlukan media tanam yang gembur dan akar mudah menembus.

Media Tanam. Sumber: gardener.id

Syarat media tanam yang baik

Media tanam memiliki fungsi untuk menopang tanaman, memberikan nutrisi dan menyediakan tempat bagi akar tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Lewat media tanam tumbuh-tumbuhan mendapatkan sebagian besar nutrisinya.

Media tanam adalah tempat tinggal bagi tanaman. Tempat tinggal yang baik adalah yang dapat mendukung pertumbuhan dan kehidupan tanaman. Media tanam yang baik harus memiliki sifat-sifat fisik, kimia dan biologi yang sesuai dengan kebutuhan tanaman. Oleh karenanya media tanam harus memenuhi berbagai persyaratan antara lain:

1. Menyediakan ruang tumbuh bagi akar dan sanggup menopang tanaman

Media tanam harus gembur sehingga akar tanaman bisa tumbuh baik dan sempurna, tetapi masih cukup solid memegang akar dan menopang batang agar tidak roboh. Akar tanaman akan tumbuh subur, tetapi tanaman akan terlalu mudah roboh dan terlepas jika media tanam terlalu gembur. Media tanam yang terlalu padat dan solid menyebabkan akar kesulitan untuk tumbuh sehingga tanaman menjadi kerdil.

BACA JUGA:  Budidaya Kacang Panjang Organik dalam Polybag

2. Memiliki porositas yang bagus, mempunyai drainase dan aerasi yang baik.

Media tanam yang bagus harus mampu menyimpan air dan menyediakan oksigen bagi pertumbuhan tanaman. Dan juga harus mempunyai drainase (kemampuan mengalirkan air) dan aerasi (kemampuan mengalirkan oksigen) yang baik. Media tanam harus bisa mempertahankan kelembaban tanah tetapi harus bisa membuang kelebihan air.

Sifat media tanam yang porous mempunyai rongga kosong antar materialnya agar air bisa menembus sehingga air tidak tergenang di dalam pot atau polibag. Namun, di sisi lain material penyusun media tanam harus bisa menyerap air (higroskopis) untuk disimpan sebagai cadangan air dan mempertahankan kelembapannya.

3. Mempunyai kandungan unsur hara yang tinggi

Media tanam harus mampu menyediakan unsur hara yang cukup bagi pertumbuhan tanaman, baik unsur makro maupun unsur mikro. Ketersediaan unsur hara di dalam media tanam sangat menentukan produktivitas dan kualitas tanaman yang akan tumbuh. Unsur hara ini bisa anda tambahkan melalui proses pemupukan ataupun aktivitas mikroorganisme yang terdapat dalam media tanam.

4. Bebas dari hama dan penyakit tanaman

Media tanam yang bagus harus steril dan bebas dari hama dan penyakit. Bahkan, jika memungkinkan, media tanam harus bersih dari benih gulma dan tanaman pengganggu lainnya. Bibit hama dan penyakit tanaman yang terkandung dalam media tanam dapat tumbuh dan berkembang yang menyebabkan kerusakan bahkan kematian pada tanaman.

5. Mengandung mikroorganisme bermanfaat

Media tanam yang bagus harus mempunyai kandungan mikrooganisme tanah yang sangat bermanfaat bagi tanaman seperti mikrorhiza, trichoderma, rhizobium dan lain-lain. Mikroorganisme ini sangat membantu menjaga keseimbangan biologis di dalam media tanam.

6. Mudah di dapatkan dan harganya relatif murah.

Media tanam yang bagus harus mempunyai bahan penyusun yang mudah di dapatkan di sekitar kita, sehingga pembuatan media tanam menjadi mudah dan harganya menjadi murah.

BACA JUGA:  [4-Langkah] Membuat Kompos Organik dari Sampah Dapur

Tinggalkan Balasan