Budidaya Kacang Panjang Organik dalam Polybag

Budidaya Kacang Panjang Organik dalam Polybag

  • Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:3 mins read

Kacang panjang merupakan tumbuhan yang dapat anda jadikan sayur atau lalapan. Ia tumbuh dengan cara memanjat atau melilit. Bagian yang dijadikan sayur atau lalapan adalah buah yang masih muda dan serat-seratnya masih lunak, kacang panjang ini mudah didapati di kawasan panas di Asia. Daunnya disebut dengan lembayung dan dapat dijadikan sayuran hijau.

Selain sebagai masakan, ternyata Kacang Panjang juga dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan untuk mengobati beberapa penyakit seperti diantaranya : antikanker, kanker payudara, leukemia, antibakteri, antivirus, antioksidan, gangguan saluran kencing, peluruh kencing, batu ginjal, mencegah kelainan antibodi, meningkatkan fungsi limpa, meningkatkan penyatuan DNA dan RNA, meningkatkan fungsi sel darah merah, beri-beri, demam berdarah, kurang darah, sakit pinggang, rematik, pembengkakan, meningkatkan nafsu makan, dan sukar buang air besar.

Kacang Panjang adalah sumber protein yang baik, vitamin A, thiamin, riboflavin, besi, fosfor, kalium, vitamin C, folat, magnesium, dan mangan.

Dalam ukuran porsi 100 gram kacang terdapat 47 kalori, 50 gram lemak total, kolesterol 0 mg, natrium 4 mg (0% nilai harian), 8 gram karbohidrat total (2% nilai harian), dan 3 gram protein (nilai harian 5%). Ada juga 17% DV vitamin A, 2% DV besi, 31% DV vitamin A, dan 5% DV kalsium.

Gambar oleh faunadanflora.com

Pemilihan Bibit Kacang Panjang

Sebelum melakukan proses penanaman kacang panjang pada pot atau polybag, anda harus memilih bibit kacang panjang yang baik. Pemilihan bibit ini akan mempengaruhi kualitas dari hasil panen nantinya.

Syarat bibit kacang panjang yang unggul

  • Memiliki daya tumbuh di atas 90%.
  • Biji sehat dan berisi (bernas)
  • Tidak kusam atau keriput
  • Biji tidak mengandung hama atau penyakit.
  • Tidak cacat atau rusak.
BACA JUGA:  [4-Langkah] Membuat Kompos Organik dari Sampah Dapur

Persiapan Media Tanam

Agar bibit kacang panjang bisa tumbuh dengan baik di polybag atau pot, anda harus menyiapkan media tanam sebagai berikut:

  1. Siapkan tanah yang subur dan gembur.
  2. Ayak tanah tersebut menjadi butiran-butiran yang halus. Usahakan tanah dalam keadaan kering dan tidak ada yang menggumpal. Tanah yang menggumpal akan membuat semua bahan tidak dapat tercampur dengan rata.
  3. Siapkan kompos yang sudah matang. Bisa menggunakan kompos bokashi, kompos biasa atau kompos takakura. Ayak juga kompos tersebut supaya halus.
  4. Siapkan arang sekam.
  5. Campurkan tanah, kompos dan arang sekam menjadi satu. Perbandingannya 2:1:1 yaitu 2 bagian tanah, 1 bagian kompos dan 1 bagian arang sekam. Aduk semua bahan tersebut sampai tercampur dengan rata, kemudian masukan ke dalam pot atau polybag. Anda bisa mencoba perbandingan 1:1:1. Jadi gunakan perbandingan yang kira-kira paling bagus dan tergantung dengan jenis kacang panjang yang akan anda tanam.
    Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat pada Cara Membuat Media Tanam yang Baik.

Penanaman Bibit Kacang Panjang

Untuk penanaman kacang panjang , biji tidak perlu anda semaikan terlebih dahulu. Jadi biji langsung anda tanam di pot atau polybag.

Cara menanam:

  1. Buat lubang sedalam 1-2 cm.
  2. Masukkan 2-3 biji untuk setiap pot atau polybag
  3. Tutup lubang dengan media tanam
  4. Siram secukupnya sampai benih tumbuh

Perawatan Tanaman Kacang Panjang

Perawatan pertumbuhan kacang panjang:

  • Bersihkan sekitar pot atau polybag dari rumput liar atau gulma yang mengganggu. Gulma dan rumput liar akan merebut pasukan nutrisi yang didapat oleh kacang panjang. Sehingga pertumbuhannya tidak maksimal.
  • Penyiraman tanaman lakukan dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari saja, kacang panjang tidak begitu banyak membutuhkan pasokan air.
  • umur 30 hari kacang panjang sudah mulai berbunga, anda harus memberi tambahan pupuk kandang untuk menjaga keseimbangan nutrisi.
  • Umur 45 hari, tanaman biasanya sudah mulai bisa di panen.
BACA JUGA:  Tabulampot Delima, Buah Surga

Tinggalkan Balasan