Macam-Macam Hama dan Penyakit Ikan Lele Paling Berbahaya

Macam-Macam Hama dan Penyakit Ikan Lele Paling Berbahaya

  • Post author:
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:6 mins read

Lele merupakan salah satu jenis ikan yang lebih tahan penyakit namun anda tetap harus mempertimbangkan hama dan penyakit yang dapat menyerangnya. Hama dan penyakit ikan lele banyak ragamnya, beternak lele tanpa mengenali macam-macam serangan hama dan penyakit akan membawa kerugian yang cukup besar.

Memahami macam-macam serangan hama dan penyakit bisa membantu mengatasi dan menghindari masalah yang menyerang ikan lele sehingga hasil budidaya bisa meningkat.

Tidak perlu khawatir tentang itu, artikel ini akan membahas hama dan penyakit yang dapat menyerang ikan lele anda.

Hama dan Penyakit LeleGambar oleh arenahewan.com
Hama dan Penyakit Lele.

Hama Ikan Lele

Hama merupakan gangguan yang bersumber dari organisme besar baik yang sifatnya predator, penggangu dan pesaing. Hama ikan lele yang bersifat predator adalah musang, linsang, dan ular. Di daerah perkotaan kucing pun kadangkala menjadi hama yang perlu di waspadai. Selain itu, ada juga katak yang merupakan predator bagi benih lele yang masih kecil.

Hama yang dikategorikan pengganggu adalah belut, terutama untuk yang beternak lele di kolam tanah. Binatang ini seringkali membuat lubang di pematang sehingga kolam bocor. Hama yang dikategorikan pesaing adalah Ikan gabus atau mujair, karena ikan ini bisa berkembang biak dalam kolam melalui saluran masuk atau keluar air.

Penanggulangan dari serangan hama bisa dilakukan dengan berbagai hal seperti memagari pinggiran kolam, menyaring jalan masuk dan keluar air, sampai menutup kolam dengan paranet. Apabila kita beternak lele secara intensif, biasanya gangguan hama jarang terjadi karena kolam relatif terawasi terus menerus.

BACA JUGA:  Jenis-Jenis Ikan Lele yang Banyak Dibudidayakan

Tinggalkan Balasan